SALI NAN
LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 75 TAHUN 2009 TANGGAL 13 OKTOBER 2009
KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010
A. Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional SMA/MA
13. FISIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO. | STANDAR KOMPETENSI
| KEMAMPUAN YANG DIUJI |
1. | Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung secara cermat, teliti dan obyektif | Membaca pengukuran alat ukur panjang (jangka sorong) dan menentukan ketelitian hasil pengukuran sesuai alat ukur yang digunakan |
Membedakan besaran skalar dan vektor serta menjumlah/mengurangkan besaran-besaran vektor
| ||
2. | Menjelaskan gejala alam dan keberaturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, kekekalan energi, elastisitas, impuls, dan momentum | Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus |
Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | ||
Menentukan hubungan besaran-besaran fisis yang terkait dengan gaya gravitasi antar planet | ||
Menentukan letak titik berat dari berbagai benda homogen | ||
Menganalisis hubungan besaran-besaran yang terkait dengan gerak rotasi | ||
Menjelaskan hubungan usaha dengan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari dan menentukan besaran-besaran yang terkait | ||
Menjelaskan sifat elastisitas benda dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | ||
Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik | ||
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait
| ||
3. | Menjelaskan prinsip dan konsep konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor | Menentukan proses perpindahan kalor dan azas Black |
Mendeskripsikan azas Bernoulli dalam fluida dan penerapannya | ||
Menjelaskan variabel-variabel pada persamaan
| ||
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
| ||
Menentukan berbagai besaran fisis dalam proses termodinamika pada mesin kalor | ||
4. | Menerapkan konsep dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi | Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan pengamatan menggunakan mikroskop/teropong |
Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari | ||
Menentukan besaran-besaran dan sifat gelombang berjalan | ||
Menjelaskan terjadinya peristiwa interferensi dan difraksi cahaya serta menentukan besaran-besaran yang terkait dengan peristiwa tersebut | ||
Menentukan intensitas dan taraf intensitas dari
| ||
Menentukan besaran-besaran yang menimbulkan efek Doppler dan menentukan perubahan akibat efek Doppler tersebut |
NO. | STANDAR KOMPETENSI
| KEMAMPUAN YANG DIUJI |
5. | Menjelaskan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam kerbagai masalah dan produk teknologi. | Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan
|
Menentukan berbagai faktor yang mempengaruhi kapasitas kapasitor keping sejajar | ||
Menentukan hasil pengukuran kuat arus dan tegangan listrik | ||
Menggunakan hukum Ohm dan hukum Kirchoff untuk menentukan berbagai besaran listrik dalam rangkaian tertutup | ||
Menjelaskan timbulnya medan magnet induksi di sekitar kawat berarus dan menentukan besaranbesaran yang mempengaruhinya | ||
Menjelaskan timbulnya gaya magnet (gaya Lorentz) dan menentukan besaran-besaran yang mempengaruhinya | ||
Menentukan kaitan besaran-besaran fisis pada
| ||
Menentukan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor | ||
6. | Menjelaskan konsep dan prinsip relativitas, teori atom, dan radioaktivitas serta penerapannya. | Membedakan teori-teori atom |
Menjelaskan teori kuantum Planck dan kaitannya dengan radiasi benda hitam | ||
Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom | ||
Menentukan jenis-jenis zat radioaktif dan mengidentifikasi manfaat radioisotop dalam
|
0 comments:
Post a Comment